Total Viewers

Home » » Ditandai Pemukulan Bedug, Ashari Tambunan Buka Kegiatan MTQ ke 53 Dan FSQ ke 42 Tingkat Kabupaten Deliserdang

Ditandai Pemukulan Bedug, Ashari Tambunan Buka Kegiatan MTQ ke 53 Dan FSQ ke 42 Tingkat Kabupaten Deliserdang

Written By Faktaonlline.net on Tuesday, February 25, 2020 | Tuesday, February 25, 2020


Deliserdang, Faktaonline.Net - Kegiatan Musabaqah Tilawatul Quran (MTQ) ke 53 dan Festifal Seni Qasidah (FSQ) ke 42 Kabupaten Deli Serdang Tahun 2020, yang di pusatkan di Lapangan Central PTPN II Kecamatan Pagar Merbau, resmi dibuka Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan, Senin (24/2) . Pembukaan MTQ dan FSQ ini ditandai dengan pemukulan bedug oleh Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan bersama Wakil Bupati H.M.A Yusuf Siregar didampingi Wakil Ketua DPRD Deli Serdang H Nusantara Tarigan Silangit SE, Dandim 0204/DS Letkol Kav Syamsul Arifin, Kajari Deli Serdang, Pengadilan Agama Lubuk Pakam, Kapolresta Deli Serdang Kombes Pol Yemi Mandagi S.IK,Ketua TP PKK Ny Hj Yunita Ashari Tambunan, Wakil Ketua TP PKK Ny Hj Sri Pepeni Yusuf Siregar, Sekdakab Darwin Zein, Ketua Dharmawanita Herawati Darwin Zein, Asisten I Setdakab Faisal Arif Nasution, Pimpinan OPD beserta Camat Se Deli Serdang, Ketua MUI Deli Serdang, Ketua LPTQ Deli Serdang, serta pengibaran bendera MTQ dan FSQ serta dihibur tarian klosal berjudul “Punggahan” oleh kesenian Rumpun budaya Kecamatan Pagar Merbau.

Dihadapan puluhan ribu pengunjung pada acara pembukaan itu, Bupati menyerahkan Trofhi bergilir MTQ dan FSQ kepada panitia untuk diperebutkan kembali, seraya menyampaiakan rasa gembira dan bangganya bahwa pembukaan MTQ dan FSQ ini yang kita awali sejak tadi pagi dengan Pawai Ta’aruf dan Pameran Pembangunan MTQ ternyata mendapat sambutan yang sangat meriah dari masyarakat serta apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak atas peran serta mensukseskan acara ini, dimana dari tahun ke tahun semakin baik pelaksanaannya.
Dikatakan lagi bahwa kegiatan ini diharapkan setiap event penyelenggaraan MTQ dan festival seni qasidah sebagaimana yang kita laksanakan pada hari ini, sepatutnyalah kita untuk senantiasa memperbaharui dan memantapkan niat, bahwa menyelenggarakan MTQ dan festival seni qasidah adalah dalam rangka ibadah, karena yang dimusabaqah kan adalah kalam dan firman Allah Swt, didalam upaya menumbuhkan kecintaan dan menggairahkan masyarakat untuk senantiasa mempelajari dan memahami isi Al-qur’an sebagai petunjuk dan pedoman hidup insan paripurna. Oleh sebab itu, hendaknya kegiatan musabaqah tilawatil quran dan festival seni qasidah ini, jangan hanya dipandang dari sisi kegiatan syi’ar keagamaan semata, akan tetapi lebih dari itu, harus dimaknai lebih komprehensif lagi, akan nilai - nilai manfaat dan kemaslahatan yang menyertainya. Pemahaman dan kesadaran inilah, yang perlu dibangun dalam nurani dan pikiran setiap kita, sehingga pelaksanaan mtq dan festival seni qasidah yang kita selenggarakan ini, tidak keluar dari tujuan utama dan maknanya yaitu syiar dan dakwah tentang membumikan al-qur’an yang menjadi nafas, kepribadian dan pegangan hidup yang hakiki.

Ashari Tambunan juga tidak lupa berpesan pada kesempatan yang sangat istimewa ini, ada dua pesan yang ingin saya sampaikan, pertama, kepada seluruh peserta mtq dan festival seni qasidah, tampilkanlah seluruh kemampuan yang kalian miliki. Berlomba dan berjuanglah untuk menjadi yang terbaik. Dan harus selalu diingat, bahwa keikutsertaan dalam event ini, bukan hanya sekedar untuk menjadi juara, akan tetapi yang paling utama, mampu memelihara kesucian al-qur’an serta penguatan syiar islam sebagai bagian penting dari pengamalan nilai - nilai universal islam sebagai tuntunan hidup yang hakiki di tengah - tengah keluarga dan masyarakat. Pesan yang kedua, kepada dewan hakim / dewan juri, saya ucapkan selamat melaksanakan tugas yang penuh berkah ini. Hindari pertimbangan pertimbangan yang bersifat pribadi, dan junjung tinggi sikap objektif yang dilandasi ketulusan hati. Karena hasil penilaian para dewan hakim dan dewan juri, sangat menentukan perkembangan qori dan qoriah kita kedepan.

Sementara Wakil Ketua DPRD Deli Serdang H Nusantara Tarigan Silangit yang juga berharap seluruh generasi muda muslim kedepan lebih mencintai Al-qur’an serta menguasai apa itu Rukun Iman dan Rukun Islam dan dilaksanakan dan di amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Karenanya pelaksanaan MTQ dan FSQ ini kita jadikan untuk menjadikan anak-anak Deli Serdang faham membaca Alqur’an, dengan terselenggaranya MTQ dan FSQ tahun ini untuk kita dapatkan musabaqoh yang baik di Kabupaten Deli Serdang sehingga nantinya dapat membawakan Kabupaten Deli Serdang yang religius seperti yang menjadi visi dan misi Kabupaten Deli Serdang, oleh sebab itu marilah kita sama sama mendukung program yang baik ini untuk dapat lebih baik kedepannya. ucap Nusantara Tarigan Silangit Ketua panitia Penyelenggara MTQ dan FSQ tingkat Kabupaten Deli Serdang tahun 2020 yang bertemakan “melalui musabaqah tilawatil Qur’an ke 53 dan festival seni qasidah ke 42 tahun 2020 ,kita wujudkan masyarakat deli serdang yang religius dan rukun dalam ke bhinekaan“

Asisten I Setdakab Deliserdang Faisal Arif Nasution, menjelaskan bahwa pelaksanaan MTQ dan FSQ yang berlangsung hingga Jum’at (28/2) diikuti oleh 657 Qori- Qoriah dan FSQ termasuk official, sementara Dewan Hakim berjumlah 100 orang. Tujuan Mtq ke 53 tingkat kabupaten deli serdang tahun 2020 , mengembangkan kemampuan seni baca Al-Qur’an dengan baik dan benar, sesuai dengan ketentuan yang di atur dalam ilmu Tajwid , mampu memahami makna dan kendungan yang terdapat dalam Al-Qur’an, digunakan sebagai landasan spritual untuk membangun kehidupan masyarakat yang religius dan rukun dalam kebhinekaan, membentuk sikap dan prilaku ahklakul karimah yang sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW. Tujuan Fsq ke 42 tingkat kabupaten Deli Serdang tahun 2020, menyalurkan bakat dan potensi seni yang ada pada umat islam di Kabupaten Deli Serdang ,mengembangkan dan membumikan seni budaya yang Islami di Tengah-tengah kehidupan masyarakat, menjadikan wadah shilaturrahmi dan kebersamaan menuju kehidupan yang religius dan rukun dalam kebhinekaan. Sedangkan Cabang MTQ yang diperlombakan meliputi cabang cabang Tilawatil Qur’an, Hifsil Qur’an, Tafsir Qur’an, Fahmil Qur’an, Syarhil Qur’an, Khat Al Qur’an, makalah ilmiah Alquran, Qiraat Sabaah Mujawwad dan Murattal, Grup Seni Qasidah Putra-putri.(DS01)

Post a Comment