Total Viewers

Home » » Gubernur Arinal : Provinsi Lampung Lokomotif Pembangunan Pertanian Nasional

Gubernur Arinal : Provinsi Lampung Lokomotif Pembangunan Pertanian Nasional

Written By Faktaonlline.net on Thursday, February 20, 2020 | Thursday, February 20, 2020


Bandarlampung | Faktaonline.net -  Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, menghadiri acara Coffee Morning sambil diskusi Dengan Tema "Peningkatan Produktivitas dan Hilirisasi Komoditi Kakao dan Ubi Kayu di Provinsi Lampung", bertempat di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung, Bandar Lampung, Rabu (19/02).

Dalam sambutannya, Gubernur Arinal mengatakan bahwa acara Coffee Morning ini, sebagai bentuk sinergi antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan Pelaku Usaha juga sebagai wujud komitmen bersama untuk memajukan pertanian dan menjadikan Provinsi Lampung sebagai lokomotif pembangunan pertanian nasional. Melalui agenda coffee morning diharapkan dapat menyamakan persepsi seluruh stakeholder atas permasalahan dan alternatif solusi pengembangan komoditi kakao dan ubi kayu, serta memberikan saran dan masukan dalam penyusunan kebijakan Pemerintah Daerah untuk peningkatan produktivitas dan pengembangan hilirisasi produk. "Dimana peningkatan produktivitas itu diharapkan dapat meningkatkan pendapatan petani kakao dan ubi kayu, dan pengembangan hilirisasi produk juga diharapkan dapat memberikan nilai tambah kepada petani dan masyarakat secara luas," jelasnya. 

Sebagaimana diketahui, secara Nasional Provinsi Lampung merupakan penghasil kakao terbesar ke-4 dan terbesar ke-2 di Pulau Sumatera, dimana sentra produksi komoditinya berada di Kabupaten Pesawaran, Lampung Selatan, Tanggamus, dan Lampung Timur. Sedangkan untuk komoditi ubi kayu, Provinsi Lampung merupakan produsen terbesar se-Indonesia.

Di penghujung sambutannya, Gubernur Arinal mengimbau agar Pemerintah Provinsi melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pertanian, Biro Perekonomian, Pelaku Usaha, dan seluruh Stakeholder yang terkait dapat duduk bersama untuk bersinergi merumuskan kebijakan dan tata kelola guna mewujudkan Ekonomi Kerakyatan. "Saya ingin Lampung ini menjadi Tuan di negerinya sendiri, juga mewujudkan Lampung sebagai Provinsi yang nyaman dalam berinvestasi," tutupnya.

Dalam diskusi yang dimoderatori oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir. Taufik Hidayat, S.Sos., M.M., M.E.P., ini hadir juga Karo Perekonomian Elvira Umihanni, S.P., M.T., Dinas Perkebunan Ir. Edi Yanto, M.Si., Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Satria Alam, S.E., M.Si., Dekan Fakultas Pertanian yang diwakili oleh Dr. Ir. Kuswanta F. Hidayat, M.P., perwakilan dari Bank Indonesia, dan Dinas Kominfotik Provinsi Lampung. (syah 99)

Post a Comment