Total Viewers

Home » » Mencari Calon PPK Yang Berintegritas, KPU Kota Medan Gelar Diskusi Terbuka

Mencari Calon PPK Yang Berintegritas, KPU Kota Medan Gelar Diskusi Terbuka

Written By Faktaonlline.net on Tuesday, February 4, 2020 | Tuesday, February 04, 2020


Medan, Faktaonline.Net - Dalam rangka menjaring Calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang berintegritas pada pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Medan Tahun 2020 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan, melakukan perekrutan calon PPK secara transparan dan sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Hal tersebut disampaikan Ketua KPU Kota Medan, Agussyah Ramadani Damanik dihadapan para jurnalis yang tergabung di Media Center KPU Medan dalam acara diskusi terbuka dengan tema ' Mencari Calon PPK yang Berintegritas' bertempat di Aula KPU Medan Jalan Kejaksaan Nomor 37 Medan, Selasa (4/2).

Agussyah mengatakan, Diskusi terbuka dilakukan bagian dari upaya untuk meminta tanggapan masyarakat dalam melihat atau menelusuri rekam jejak calon PPK, Melalui pembahasan rapat rutin di internal, akhirnya disepakati mengundang rekan-rekan media center untuk melakukan diskusi terbuka mencari calon PPK berintegritas. “Karena rekan-rekan media ini tentu punya jangkauan luas di masyarakat. Sehingga sedikit banyak bisa membantu mensosialisasikan terkait tahapan tanggapan masyarakat terhadap calon PPK yang sudah masuk di tahap 10 besar,” ujar Agussyah didampingi Komisioner KPU Kota Medan lainnya Edy Suhartono, M. Rinaldi Khair, Nana Miranti, Zefrizal dan Sekretaris Nirwan serta Kasubbag Teknis dan Hupmas KPU Kota Medan Taufiq Harun.

Ditambahkan Agussyah, Calon PPK yang berintegritas menjadi poin penting bagi KPU Kota Medan dalam menyeleksinya. Sepanjang tahapan yang sudah dilewati, "Mulai awal pendaftaran,  terdapat 578 pelamar, di seleksi berkas gugur 137, sehingga menjadi 441 orang yang berhak mengikuti tahapan tes tertulis dengan menggunakan CAT, dan tersisa hanya 207 orang yang tersebar di 21 kecamatan. Hanya Kecamatan Medan Polonia yang tersisa hanya 7 orang mengingat jumlah pelamarnya hanya 10 orang dan gugur 3 orang di seleksi berkas" terang Agussyah.

Selanjutnya KPU Kota Medan akan mencari tahu rekam jejak 207 calon PPK baik dari sepak terjangnya selama menjadi PPK atau Panwas jika calon yang bersangkutan adalah mantan penyelenggara, serta melihat rekam jejak di media sosial bagi calon yang belum punya pengalaman menjadi penyelenggara Pemilu.(r/am)

Post a Comment