Total Viewers

Home » » Sosialisasikan Pembayaran Non Tunai Menggunakan Sistem QRIS, BI Perwakilan Sumut Gelar Digifest Sumatera 2020

Sosialisasikan Pembayaran Non Tunai Menggunakan Sistem QRIS, BI Perwakilan Sumut Gelar Digifest Sumatera 2020

Written By Faktaonlline.net on Tuesday, February 11, 2020 | Tuesday, February 11, 2020


Medan, Faktaonline.Net - Dalam rangka mensosialisasikan transaksi pembayaran non tunai melaui sistem penggunaan Quick Response Indonesian Standarad (QRIS), Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Sumatera Utara akan menggelar Digifest Sumatera 2020 pada 29 Februari Hingga 1 Maret mendatang di Hotel Santika Dyandra Jalan Kapten Maulana Lubis Medan.

Kegiatan direncanakan dibuka Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi itu untuk mendorong penggunaan sistem pembayaran nontunai dengan mensosialisasikan kewajiban penggunaan QRIS untuk seluruh pembayaran melalui kanal QR Code di Indonesia   “Pada event itu kita juga akan memperkenalkan inovasi teknologi dan layanan digital yang telah tersedia di Sumatera,” kata Kepala Perwakilan BI Provinsi Sumut, Wiwiek Sisto Widayat, saat acara Bincang Bincang Media bersama wartawan di Cafe Junction Jalan Uskup Medan, Selasa (11/2/2020). 

Digifest Sumatera 2020 ini juga akan diselenggarakan secara serentak di seluruh wilayah kerja Kantor Perwakilan Bank Indonesia di pulau Sumatera, baik KPw Provinsi maupun Kota. “Pada Digifest Sumatera 2020 ini nantinya juga akan diramaikan dengan pameran umum, coaching clinic QRIS serta talkshow,” ujarnya.

Dijelaskannya, talkshow itu dilakukan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap kebijakan BI, perkembangan dan tantangan ekonomi digital serta memperkenalkan layanan-layanan perbankan.

Wiwiek menyebutkan, di talkshow nantinya akan diambil beberapa topik seperti kebijakan sistem pembayaran BI yang bertujuan untuk mensosialisasikan visi-misi dan kebijakan-kebijakan BI di bidang sistem pembayaran, khususnya QRIS. Sedangkan narasumber dalam talkshow itu selain menghadirkan dari BI juga praktisi ekonomi digital maupun asosiasi perbankan di wilayah kerja (Wilker) masing-masing.

Menurut Wiwiek, edukasi ekonomi digital sangat penting yang tujuannya meningkatkan pengetahuan dan awareness masyarakat terkait perkembangan ekonomi digital, risiko dan tantangan yang akan dihadapi serta potensi yang dapat dimanfaatkan, "Pada talkshow nantinya juga akan disampaikan topik lainnya yakni layanan perbankan dengan tujuannya memberikan edukasi terkait perkembangan inovasi layanan perbankan serta meningkatkan akses layanan jasa keuangan. Digifest Sumatera 2020 ini diharapkan akan dihadiri audiens dari kalangan pelajar, mahasiswa, akademisi, kaum milineal, pelaku usaha serta  pemerintah daerah" terangnya. (red)

Post a Comment