Total Viewers

Home » » 731 Calon PPS Ikuti Seleksi Ujian Wawancara

731 Calon PPS Ikuti Seleksi Ujian Wawancara

Written By Faktaonlline.net on Wednesday, March 11, 2020 | Wednesday, March 11, 2020


Medan,Faktaonline.net - Sebanyak 731 calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 21 Kecamatan di Medan, mengikuti ujian wawancara di P4TK Kecamatan Helvetia Medan, Rabu (11/3/2020).
Ujian wawancara yang dimulai dari pukul 08.00WIB, dibagi dalam beberapa gelombang.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan Edi Suhartono kepada wartawan di lokasi ujian menyebut para calon PPS akan diwawancarai langsung personel Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) tempatnya bertugas. “Bagi kecamatan yang memiliki kelurahan lebih dari lima maka, PPK bersangkutan akan membuat panel supaya calon PPS selesai diwawancarai,” ujar Edi.
Ditambahkannya, dari 731 calon PPS tersebut KPU Medan akan mengambil 453 calon untuk menjadi petugas PPS di mana masing-masing tiga perkelurahan.

Ketua KPU Medan, Agusyah Ramadani Damanik yang membuka kegiatan seleksi ujian wawancara dalam arahannya kepada para peserta ujian menyebut agar para peserta mengikuti ujian dengan tertib. Dia juga berharap, agar para peserta yang telah mempersiapkan diri dengan baik dapat memberikan jawaban dengan tepat. “Kita berharap dengan seleksi penjaringan PPS yang dilakukan dengan ketat akan menghasilkan PPS yang memiliki pengetahuan tentang penyelenggaraan dan memiliki integritas yang tinggi,” ujar Agus. 

Disebutkannya lagi, untuk putaran Pilkada serentak kota Medan tahun ini, yang bertindak selaku tim penguji diserahkan kepada PPK dengan materi ujian terkait rekam jejak PPS serta tugas, wewenang dan kewajiban PPS. Namun demikian, materi ujian wawancara dapat diperluas dengan materi lainnya yang ada hubungannya tentang penyelenggaraan. Terkait hasil seleksi wawancara PPS akan diumumkan pada tanggal 15 Maret mendatang,

Agus secara tegas mengatakan nama-nama PPS terpilih akan ditentukan oleh KPU Medan. “Dalam artian, meskipun PPK yang menguji kemampuan PPS tapi PPK tidak dapat menentukan nama PPS terpilih. Sifatnya hanya rekomendasi berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan,” tegas orang nomor satu di KPU Medan tersebut.(red)

Post a Comment