Total Viewers

Home » » Tim Gugus Tugas Penanganan Percepatan Covid 19 Pemko Tanjung Balai Karantina Sementara 20 orang TKI Ilegal

Tim Gugus Tugas Penanganan Percepatan Covid 19 Pemko Tanjung Balai Karantina Sementara 20 orang TKI Ilegal

Written By Faktaonlline.net on Tuesday, April 7, 2020 | Tuesday, April 07, 2020



Tanjung Balai,Faktaonline. Net - Sebanyak 20 orang TKI Ilegal yang baru tiba dari Malaysia, langsung dikarantina untuk sementara oleh Tim Gugus Tugas Penanganan Percepatan Covid 19 Pemerintah Kota Tanjung Balai, di GOR Mini sebagai tempat Karantina Sementara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19,  Jalan D I Panjaitan, Kelurahan Sei Raja, Kecamatan Sei Tualang Raso, Kota Tanjungbalai, Minggu (5/4) sekitar pukul 11.00 WIB.

Selanjutnya, Tim Karantina Sementara Gugus Tugas Covid 19 Kota Tanjung Balai, melakukan penyemprotan disinfektan terhadap orang dan barang bawaan dan pemeriksaan suhu tubuh dan hasil pemeriksaan suhu tubuh tidak ada satupun yang suhu tubuhnya di atas 36' C, Kemudian dilakukan pendataan nama dan alamat TKI Ilegal. Diperoleh informasi, 20 TKI Ilegal,  tersebut diantaranya 2 perempuan,  1 balita, berasal dari Kabupaten Asahan 10 orang, Kabupaten Batubara, 4 orang, Kota Medan 1 orang, Kabupaten Simalungun 1 orang, Kabupaten Demak  1 orang, Kabupaten Tulung Agung 1 orang dan 2 orang dari Kota Tanjung Balai. 

Danlanal TBA, Letkol Laut (P) Dafris, kepada wartawan mengatakan, Pada hari Minggu tanggal 05 April 2020, pukul 00.15 WIB, TIM F-1 QR  Patroli Keamanan Laut (Patkamla) Pangkalan TNI Angkatan Laut  Tanjung Balai Asahan (Lanal TBA) berhasil  mengamankan KM tanpa nama berikut 20 TKI Ilegal, yang berasal dari Malaysia, di sungai Sarang Elang, perairan Asahan,  ini berdasarkan laporan dari masyarakat. Mereka kita serahkan kepada TIM Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Tanjungbalai,  guna dilakukan pemeriksaan kesehatan,  Mengenai masalah kelengkapan berkas terkait dengan dokumen mereka berupa  paspor akan diserahkan kepada pihak Imigrasi Kota Tanjung Balai untuk ditindaklanjuti, "Selanjutnya terhadap dua orang ABK akan dilakukan penyidikan lebih lanjut oleh Lanal TBA" Papar Dafris. 

Sementara Wali kota Tanjung Balai, HM Syahrial, didampingi Danlanal TBA, Letkol Laut (P) Dafris, menyampaikan apresiasi atas kinerja Lanal TBA yang berhasil mengamankan 20 orang TKI Ilegal, saat memasuki perairan Asahan. Ke 20 TKI Ilegal ini akan kita karantina sementara guna dilakukan pemeriksaan kesehatan, setelah itu untuk warga yang berdomisili di luar daerah Kota Tanjung Balai akan dikembalikan ke  Gugus Tugas Penanganan Covid 19 daerahnya masing-masing,  sementara bagi warga Kota Tanjung Balai akan dikarantina disini  selama 2 hari,  kata Syahrial.

Kepada TKI Ilegal Syahrial mengucapkan, agar semua jangan takut,  karena ini hanya proses pemeriksaan kesehatan, "Setelah selesai pemeriksaan kesehatan, kalian akan dikembalikan ke daerah asal, setelah mendapat persetujuan dokter yang memeriksa" ujarnya. 
Dalam kesempatan tersebut sebanyak 10 orang TKI Ilegal yang berasal dari Kabupaten Asahan dijemput oleh Bupati Asahan, H Surya,  beserta Kapolres Asahan AKBP Nugroho DK dan Dirut RSUD H Abdul Manan Simatupang, dr Edy.(SB)

Post a Comment