Total Viewers

Home » » Desa Cinta Damai Gelar Penyuluhan Hypertensi , Penyakit Hypertensi Dapat Mengakibatkan Kematian

Desa Cinta Damai Gelar Penyuluhan Hypertensi , Penyakit Hypertensi Dapat Mengakibatkan Kematian

Written By Faktaonlline.net on Monday, July 27, 2020 | Monday, July 27, 2020


Percut Sei Tuan,Faktaonline.net - Pemerintah Desa Cinta Damai menggelar penyuluhan Hypertensi kepada puluhan peserta yang terdiri dari kalangan tokoh tokoh agama, seperti para pengurus masjid dan mushola serta para pengurus gereja bersama tokoh masyarakat lainnya se Desa Cinta Damai Kec.Percut Seituan Kab. Deliserdang dibalai desa tersebut, Senin (27/7) sore.

Kepala Desa Cinta Damai Josta Josevina br Tambunan usai acara menegaskan penyakit Hypertensi dapat mengakibatkan kematian, hypertensi adalah tekanan darah tinggi merupakan gangguan sitem peredaran darah. karena itu kita harus menjaga agar tekanan darah kita tetap normal dengan memperhatikan pola makan dan kebugaran tubuh agar tetap sehat.
Menurut kepala desa, pelaksanaan penyuluhan hypertensi ini sangat bersyukur sekali karena memang masyarakat yang diundang begitu antusias dengan apa yang diterangkan oleh narasumber kita dokter Dompak Sitanggang, "Kita berharap para peserta yang kita undang hari ini bisa menyampaikannya kepada masyarakat lainnya. Sengaja kita undang para pengurus mesjid dan moshola serta para pengurus gereja se Desa Cinta Damai bersama beberapa tokoh masyarakat dengan mengedepankan narasumber dr.Dompak Sitanggang ahli medis dari dinas kesehatan rumah sakit Lubuk Pakam yang asli putra daerah Desa Cinta Damai sendiri" katanya.

Para tokoh agama dan tokoh masyarakat yang menjadi peserta dalam penyuluhan tersebut tampak sangat antusias dan bersungguh sungguh memperhatikan setiap detil keterangan yang disampaikan dokter ahli medis itu, sehingga dapat dicerna dengan baik, bahkan dalam sesi Tanya jawab mereka juga banyak mendapatkan jawaban yang memuaskan. 

Dokter Dompak Sitanggang menjelaskan, hypertensi merupakan gangguan peredaran darah ditandai dengan adanya tekanan pada darah, yang pastinya ini terganggu sistem paskularisasi pembuluh darah didalam tubuh kita. Jadi dengan edukasi kali ini agar masyarakat bisa mengetahui apa itu hypertensi dan bisa mencegahnya. Tadi sudah dijelaskan memulai hidup sehat dengan memilih makanan yang tepat terhadap diri sendiri dan mengurangi berat tubuh serta rajin beroalah raga, jadi dengan mengetahui penjagaannya ini terhindar dari komplikasi hypertensi ini sendiri.

Sedangkan hypertensi bisa menyebabkan struk dan penyakit kronisk lainnya bahkan sampai gagal ginjal. Dengan edukai ini bisa menyadarkan masyarakat agar rajin control kerumah sakit jika memiliki keluhan keluhan tadi. Pencegahannya terutama menjaga pola hidup sehat dengan makanan yang seimbang protein, karbo dan mengurangi kadar natrium atau kadar garam dari menu makanan sehari hari. Jadi menjaga makanan agar mengurangi hypertensi itu sendiri. Jika memiliki berat badan diatas normal maka harus mengurangi berat badan itu dengan berolahraga dan lainnya.

Pengobatan tersebut mestinya harus kerumah sakit jika memiliki keluhan sehingga akan dipilih sengan obat hypertensi yang tepat, karena banyak golongan hypertensi jadi bisa lebih mengetahui penyakit hypertensi yang dideritanya. Sedangkan jenis hypertensi terbagi atas dua bagian, berdasarkan kelompoknya saja yaitu hypertensi primer dan sekunder yang pertama hypertensi yang diakibatkan keturunan dan kedua karena adanya penyakit kronik lainnya seperti kolestrol, penyakit DM dan berat badan melebihi yang seperti dijelaskan tadi, itu factor sekundernya. Sedangkan tekanan darah rendah banyak faktornya, bisa saja anemia atau gangguan elektrolit, makanya kita harus lebih mengetahui sebenarnya tekanan darah kita normal setiap harinya itunya tadi berapa. Makanya tadi saya edukasikan kepada masyarakat agar mengontrol kesehatannya dipuskesmas atau fasilitas kesehatan.

Desa Cinta Damai sendiri sudah memberikan fasilitas mengukur tensi, asam urat dan kolesterol geratis yang diberikan kepala Desa Cinta Damai ibu Josta Josevina br Tambunan dan kita juga memberikan edukasi kepada masyarakat jika mempunyai keluhan agar segera control ke Cinta Damai yang telah mempunyai fasilitas tersebut. Bahkan sampai ke balita dan ibu hamil juga sudah difasilitasi, jadi sangat beruntung saya rasa Desa Cinta Damai dengan fasilitas yang telah dipenuhi kepala desa untuk masyarakatnya. Intinya hypertensi ini jika tidak terkontrol dapat mengakibatkan kematian karena mengakibatkan strok, apalagi struk pendarahan yang pembocoran dipembuluh darah. (Firdaus Tanjung).

Post a Comment