Total Viewers

Home » » Kades Cinta Damai : Penyakit Stroke Dan Kolestrol Berbahaya Serta Paling Menakutkan.

Kades Cinta Damai : Penyakit Stroke Dan Kolestrol Berbahaya Serta Paling Menakutkan.

Written By Faktaonlline.net on Tuesday, July 28, 2020 | Tuesday, July 28, 2020


Percut Sei Tuan,Faktaonline.net - Kepala desa Cinta Damai Jota Josevina br Tambunan mengatakan, penyakit stroke dan kolesterol adalah penyakit berbahaya yang sangat menakutkan.
Hal ini dikatakannya dihadapan pengurus Lembaga Peberdayaan Masyarakat (LPM) dan kader Posyandu serta kader lansia dalam penyuluhan stroke dan Kolesterol dibalai desa Cinta Damai Kec.Percut Seituan Kab. Deliserdang, Selasa (28/7) siang. 

Dalam penyuluhan stroke kades Josta Josevina dihadapan pengurus LPM mengatakan penyakit stroke ini adalah suatu penyakit deposit neurologi yang disebabkan oleh gangguan pembuluh darah otak yang terjadi secara mendadak dan menimbulkan gejala tanda yang sesuai dengan daerah otak yang terganggu. “Untuk mencegah penyakit itu marilah kita menjaga kesehatan dan imunitas tubuh, jika ada gejala tersebut maka secepatnya periksa ke dokter atau tenaga medis lainnya”, sebut Josta Josevina yang diamini ketua LPM Pulo Sinaga bersama Sekretaris Nikson Lumban Gaol dan Bendahara B.Ringgas Siagian beserta 9 anggota LPM lainnya.

Demikian pula pada penyuluhan kolestrol, yang diikuti para kader posyandu dan kader lansia Ibu kades ini juga mengatatakan kolesterol adalah lemak yang dihasilkan dari tubuh (hati) dan sisanya dari luar tubuh (makanan) yang beredar dalam pembuluh darah dengan fungsi utama membangun dinding sel, melindungi jaringan saraf dan membuat hormon.

Lebih lanjut dikatakannya rasa senang dan gembiranya karena dalam dua sesi acara penyuluhan tersebut para peserta tampak antusias mengikuti dan mendengarkan penjelasan dari narasumber dokter Tumpak Sitanggang, semoga apa yang mereka dapatkan ini akan bisa disampaikan para peserta juga kepada masyarakat lainnya.

Pada kesempatan itu tenaga ahli medis dari rumah sakit Lubuk Pakam dokter Tumpak Sitanggang menjelaskan stroke merupakan suatu penyakit depisiniorologi atau gangguan saraf yang disebabkan oleh terjadinya penyumbatan saluran darah kesistem saraf tubuh kita. Jadi pada saat ini kepala desa memberikan fasilitas semacam edukasi kepada semua masyarakat agar lebih mengerti cara mencegah agar tidak terjadi stroke bahkan seminar ini sudah difasilitasi faktor faktor penyebab penyakit berbahaya itu seperti hypertensi, stroke dan kolestrol sangat mempengaruhi sehingga bisa menimbulkan komplikasi kearah stroke.

Mengontrol pada diri sendiri setidaknya agar bisa lebih mengerti tekanan darah normalnya setiap saat, dengan itu terhindar dari hypertensi dan ditekankan kepada masyarakat agar tetap tau kadar kolesterol pada dirinya. Karena penyakit stroke ini sangat berbahaya apalagi sampai stroke pendarahan sampai hilang kesadaran bahkan menimbulkan kematian. Hal ini sudah kita edukasikan kepada masyarakat dengan pemilihan pola makan dan gaya hidup yang sehat juga kita sudah jelaskan secara sederhana mungkin agar mayarakat lebih peduli dengan kesehatan diri sendiri baru membagikan informasi kepada keluarga dan lingkungan tempat tinggalnya masing masing.

Menurut dokter Dompak hubungan kolesterol dengan struk sangat berpengaruh, jika kolesterolnya tinggi akan membuat penyumbatan lemak kesetiap pembuluh darah yang membuat pasokan darah sampai keotak pasti terganggu dan menimbulkan penyumbatan darah dipembuluh otak juga dan mempengaruhi system saraf diotak sehingga timbul strok. Jika ini terjadi lama kelamaan lemaknya semakin banyak isetiap pembuluh darah maka terjadi kebocoran dipembuluh darah itu namanya strok pendarahan itu sangat fatal dapat menimbulkan kesadaran sehingga mengakibatkan kematian juga. 

Penyuluhan strok dan kolestrol tersebut mendapat sambutan hangat dai para peserta sehingga banyak peserta yang bertanya dalam sesi Tanya jawab itu yang membuat suasana menjadi lebih seru. Sementara itu Ketua LPM Pulo Sinaga mengucapkan rasa terimakasih kepada kepala desa karena sudah mlaksanakan kegiatan kegiatan penyuluhan ini sehingga mayarakat Desa Cinta Damai dapat masukan bagaimana caranya menjaga kesehatan agar tetap sehat dan dapat bekerja sebagaimana biasanya. (Firdaus Tanjung).

Post a Comment